LANGKAH - LANGKAH MEMULAI PEMROGRAMAN

Pemrograman merupakan hal mengasyikan dan kadang memusingkan karena kita harus mampu memecahkan suatu masalah atau program dengan langkah -langkah tertentu. walaupun masalahnya atau programnya ringan, terkadang pemecahan masalahnya rumit, padahal kita sudah mengetahui hasilnya. namun justru disitu daya tariknya.

Nah Sobat, saya punya beberapa tips tentang langkah-langkah buat sobat yang mau belajar membuat program diantaranya :


1. Pahami Masalah / Program yang akan kita pecahkan atau buat

Hal ini agar di dalamnya membuat program, kita tidak bingung lagi apa yang harus kita kerjakan, logika apa yang harus kita pakai dan sebagainya.

2. Buatlah Algoritma (rangkaian pemecahan masalah)

Supaya kita tidak bingung, kita buat rangkaian pemecahan masalahnya dulu. langkah mana yang harus kita kerjakan lebih dulu. Setelah algoritmanya terpecahkan, kita bisa menerapkannya pada bahasa pemrograman karena konsepnya hampir sama.

Tapi anehnya, sebagian orang termasuk saya malah mendahulukan programnya jadi, algoritmanya belakangan karena yang penting programnya berjalan dengan benar. Secara logika jika programnya berjalan baik, maka algoritmanya baik pula.

Tapi saya sarankan, sesuai aturan. algoritma dulu baru ke program.

3. Buat program dengan santai dan teratur

Santai saja, kalo terburu-buru kadang program jadi ngaco. yang benar bisa menjadi salah. lakukan dengan teratur, tahap demi tahap, satu persatu jangan mengacak.

4. koreksi Ulang

Jika Program Selesai dan berjalan, jangan senang atau puas dulu, koreksi ulang dan buat permasalahan yang mungkin terjadi pada program kita. jika no problem, selamat dech... kamu berhasil

Sekian dulu yak, ini penting sebelum kita membuat program. apabila ada koreksi atau yang mau nambahin, ditunggu ya koment nya...


   

0 komentar:

Posting Komentar