Teknik seleksi dengan photoshop


Ada beberapa cara untuk menyeleksi sebuah objek/gambar dalam Photoshop. Diantaranya yaitu dengan menggunakan Marquee Tool, Lasso Tool, Patch Tool, Color Range, Magic Wand Tool dan masih ada beberapa teknik seleksi Photoshop yang belum disebutin. Namun pada postingan kali ini saya tidak akan berbicara tentang semua tool tersebut (mungkin di lain kesempatan, pelan-pelan saja). Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana Cara Menyeleksi Objek Dengan Pen Tool Photoshop sebagai salah satu dasar untuk berkreasi dengan Photoshop.
 
1.      Aktifkan Pen Tool (P)
2.     Kemudian, klik satu kali pada sisi objek yang akan diseleksi sebagai langkah awal untuk menyeleksi. Selanjutnya sempurnakan proses menyeleksi dengan cara meng-klik disekeliling/sisi objek yang akan diseleksi hingga kembali lagi ke titik awal. Jika muncul lingkaran kecil pada Pen Tool berarti sudah kembali ke titik awal ketika anda mulai menyeleksi. (catatan: istilah seleksi hanya untuk memudahkan penjelasan saja. Pada tahap ini sebenarnya kita sedang membuat Path/garis lintasan). untuk membuat seleksi ikuti langkah selanjutnya :D
3.     Ok. Jika sudah maka hasilnya akan membentuk sebuah garis pembatas sesuai dengan alur yang kita buat. Lihat gambar.
4.    Selanjutnya untuk membuat seleksi caranya klik kanan --> pilih Make Selection? --> akan muncul kotak dialog klik OK saja.
5.     Jika sudah, maka akan muncul garis putus-putus yang menandakan objek telah terseleksi.
6.     Selesai. Sampai di sini kita telah membuat objek seleksi dengan Pen Tool, selanjutnya terserah anda mau diapain hasil seleksi tersebut.
7.     Sedikit tambahan, untuk menghapus objek terseleksi dengan Pen Tool, anda tinggal tekan delete pada keyboard. Jika diinginkan hasil yang lebih halus, aktifkan dahulu Marquee Tool atau Lasso Tool kemudian pada option Feather isikan 1 px atau 2 px.
8.     Semoga bermanfaat. Thanks for reading!

0 komentar:

Posting Komentar