LATIHAN PROGRAM PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN C++ (PART I)

Sobat BM, C++ merupakan bahasa pemrograman yang masih berorientasi teks, jadi tidak ada sentuhan gambarnya. Ada yang ?celetuk bilang ? kalau bahasa C adalah adiknya dari pemrograman pascal. Memang ada benarnya juga, karena ketika kita memprogram dalam bahasa C kita seakan kembali mengingat pascal. Meskipun syntaxnya berbeda dengan pascal.

Kali ini saya akan coba berbagi ilmu dengan sobat tentang program perpustakaan yang sangat sederhana yang saya buat untuk memenuhi salah satu tugas besar di tempat saya mencari ilmu. Jadi mohon maaf kalau dalam program saya membawa almamater dan nama teman saya. Biar ada copyright nya sedikit. (kidding).
Sebelum ke listing dan tampilan program, saya coba untuk mendeskripsikan dulu programnya sebagai berikut :

Program ini merupaka program yang dibuat dengan menggunakan microsoft visual c++. Dibuat untuk melakukan input dan output dalam ruang lingkup perpustakaan di STMIK Tasikmalaya. Program ini terdiri dari 5 menu utama yaitu :
1. Daftar Anggota Kelompo Pembuat
2. Input Anggota Baru Perpustakaan
3. Input Buku Baru Perpustakaan
4. Transaksi Peminjaman Buku
5. Keluar Program
Menu Daftar Kelompok Pembuat merupakan menu untuk melihat anggota kelompok yang membuat program tersebut.
Menu kedua adalah menu input anggota baru dimana dalam program/menu ini dimasukan data anggota perpustakaan yang baru mendaptar kemudian menampilkan hasil inputan tersebut ke layar dengan filed no anggota, nama dan kelas.

Menu Input Buku Baru merupakan menu untuk menginput data data mengenai buku baru perpustakaan. Pada program ini pengguna akan memasukan field no buku, judul buku, dan tahun terbit. Kemudian menampilkan hasil inputan ke layar.

Menu selanjutnya adalah Transaksi peminjaman buku dimana seluruh transaksi perpustakaan dimasukan dalam program dan ditampilkan dalam laporan ke layar. Memasukan field tanggal pinjam, tanggal kembali dan no buku yang dipinjam.

Menu terakhir adalah menu Keluar yaitu untuk keluar dari program secara keseluruhan.
Program ini menggunakan beberapa fungsi yaitu input, output, pengulangan, percabangan, fungsi dan array.

Berhubung keterbatasan, Untuk melihat Algoritma dengan Flowchart dan listing program akan dibahas di artikel selanjutnya.
Terimakasih.


0 komentar:

Posting Komentar