Belajar Photoshop Dasar : Mengenal Layer

Apa itu layer? Dalam photoshop, layer berarti lapisan yang berfungsi sebagai kanvas yang disusun secara bertumpuk. Bayangkan layer sebagai lembar kertas transparan yang ditumpuk satu sama lain, dimana tidak ada gambar pada layer, maka kita dapat melihat melalui ke lapisan bawah. Dengan adanya layer, proses editing objek di photoshop akan terpisah. Misalnya kita punya project dengan 2 layer - gambar dan tulisan, ketika kita sedang mengedit layer 1 yang berisi foto (dengan mode editing image), maka layer 2 yang berisi tulisan tidak akan terganggu. Demikian pula ketika sedang mengedit layer tulisan dengan memberinya efek teks, maka layer gambar tidak akan terpengaruh.

Kita dapat mengubah komposisi gambar dengan mengubah urutan dan atribut layer. Selain itu, fitur khusus seperti adjustment layers, lapisan isi, dan gaya lapisan memungkinkan kita membuat efek yang canggih.

dasar photoshop, mengenal layer

Gambar di atas merupakan ilustrasi bagaimana area transparan pada layer memungkinkan kita melihat ke lapisan bawah.

Kita dapat menempatkan beberapa lapisan bersama-sama dalam cara yang berbeda:

Grup memungkinkan kita melihat dan memanipulasi beberapa lapisan fisik sebagai objek tunggal.
Set memungkinkan kita menetapkan atribut untuk beberapa lapisan sebagai objek tunggal.
Link memungkinkan kita menghubungkan layer bersama-sama dan menggunakannya sebagai objek tunggal. Jika anda menggunakan file baru, lebih baik gunakan grup layer daripada link layer.

Semoga penjelasan singkat tentang layer ini bisa membantu anda yang lagi membutuhkan.

1 komentar:

5 Maret 2022 pukul 02.03 sabihayao mengatakan...

Pure Titanium Earrings - Titsanium Art
Pure titanium earrings are the perfect tool for any type titanium rod in femur complications of 2013 ford focus titanium hatchback body – especially titanium watch women and young titanium septum jewelry girls. The ultimate beauty and elegance of t fal titanium the whole human body

Posting Komentar